HIDAYAH ALLAH LEWAT SEORANG NENEK

Assalamu’alaikum wr.wb.

Semoga kisah ini bisa menjadi perenungan yang dalam bagi kita

Sebuah kisah dari seorang sahabat yang terjadi sekitar tahun 2004, kisah nyata yang membuatnya tersadar akan nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya.

”Waktu itu teman saya akan membeli seekor kambing untuk keperluan qurban, sang penjual kambing menawarkan dengan harga Rp. 750.000 untuk seekor kambing.

”Wah kok mahal bang gimana kalau Rp.600.000 aja bang ?”

”Ya belum bolehlah mas, dah Rp. 725.000 aja bolehlah” Kata penjual kambing

”Masih mahal bang, gimana kalau Rp., 650.000  bang ?” Temanku menawar lagi.

”Belum boleh mas” Jawab penjual sambil menggelengkan kepalanya.

Tiba tiba seorang nenek tua datang yang juga ingin membeli kambing dan ternyata nenek tua tadi juga tertarik dengan kambing yang sedang ditawar oleh temen saya.

” Berapa harga kambing ini pak?” sambil menunjuk kambing yang sedang ditawar oleh temen saya.

” Harganya Rp,. 750,000 nek” Jawab penjual kambing

”Baiklah pak saya ambil kambing ini” Tanpa menawar sang nenek membeli kambing yang sedang ditawar oleh temen saya tadi yang tentu saja membuatnya sangat penasaran dan sedikit agak dongkol karena memang dia menginginkan kambing tersebut juga, apalagi sang penjual kambing menunjukan senyuman yang sedikit mengejek kepadanya, untuk menghilangkan rasa  penasaran kepada sang nenek maka temen saya mendekatinya dan bertanya :

”Nek, nenek kok sendirian aja tidak diantar cucu atau saudara nenek ?” Temen saya mencoba mendekati nenek untuk menghilangkan rasa penasaranya.

”Cu nenek sudah tidak punya siapa siapa lagi nenek hidup sendiri” Jawab sang nenek

”Sebetulnya nenek ini sangat malu cu kepada Allah karena nenek yang sudah tua ini hanya bisa membalas rahmat yang sangat banyak dan tak terhingga yang sudah diberikan oleh Allah kepada nenek dengan hanya memberikan uang sebesar Rp.2500, saja setiap harinya,  sebetulnya cu nenek juga ingin menjalankan ibadah haji tetapi apa daya nenek hanyalah penjual sapu keliling yang hanya mampu menyisihkan uang yang sedikit setiap harinya untuk membalas kebaikan Allah yang sudah begitu baiknya memberikan rahmat yang tidak ternilai kepada nenek”  Nenek menjawab sambil sedikit berlinang air mata.

Kalau cucu kan masih muda dan kaya sehingga cucu bisa membalas kebaikan yang telah diberika Allah dengan mudah dan layak tidak seperti nenek yang setiap hari harus putar putar jualan sapu demi untuk membalas rahmat yang telah dikaruniakan Allah pada nenek dan juga sekedar untuk bisa makan, tetapi ”Alhamdulillah” Allah sangat baik pada nenek karena nenek tidak pernah sakit sehingga nenek tiap hari selalu bisa mensyukuri pemberian Allah, karena kalau kita mau melihat orang orang yang kehidupannya masih jauh lebih sengsara dari nenek ternyata masih banyak apalagi masih diberi cobaan dengan berbagai macam penyakit yang menimpa mereka” Nenek menutup pembicaraan dan kemudian pamit untuk pulang.

Bagaikan terkena tamparan yang sangat keras, begitu teman saya  mendengar jawaban sang nenek yang sudah tua tadi, di dalam hatinya sangat malu pada diri sendiri yang secara ekonomi dia jauh lebih mapan dari sang nenek tetapi untuk membeli kambing untuk berkurban saja masih tawar menawar secara alot dengan sang penjual kambing. Padahal kalau dipikir pikir dia sudah memperoleh rahmat Allah yang begitu banyaknya dan kalau dihitung hitung sebenarnya manusia tidak sanggup untuk membalasnya kecuali hanya berpasrah diri dan melaksanakan semua perintah Allah secara total. Setelah mendapat pengalaman tersebut dia berubah drastis secara kerohanian, lebih rajin shalat yang kadang kadang sebelumnya shalatnya kurang tertib sering telambat dan bahkan lupa karena kesibukan kerja yang sangat padat. Karakter dan tingkah lakunya juga berubah, lebih santun, penyabar, dan tidak sungkan sungkan untuk memberi baik materi maupun tenaga, dan juga menjadi sangat rajin mendatangi pengajian pengajian.

Wassalamu’alaikum wr.wb
Muhammad Taufik
Motivator & Trainer

Email    : mtaufikhz@yahoo. co.id
Phone   : ( 0274 ) 436 2225
Mobile   : 081 227 64573
Blog      : http://mtaufiqh. blogspot. com

Tentang Muhammad Taufik Hidayat

I am Islamic motivator and book writer
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s