PUASA

Discussion with UAD Students

PUASA/SHAUM, sebuah kewajiban ataukah kebutuhan manusia…??

“Berhentilah makan sebelum kenyang dan kerjakan puasa maka kamu akan sehat”. ( Hadits )

“ Semua kebaikan kembali pada manusia itu sendiri, kecuali puasa, puasa milik Allah dan Allah sendiri nanti yang akan menghitungnya”. ( HR-Bukhari ).

2  Hal Utama Yang Diperoleh Dari Puasa :

1.  Meningkatkan Kesehatan

2.  Memperbaiki Karakter dan Hati Nurani

CEGAH STROKE & SERANGAN JANTUNG

High Cholesterol dalam waktu lama akan menyumbat peredaran darah, yang disebut   Atherosclerosis ( Blood Circulation  Plugging ). Jika penyumbatan terjadi pada pembuluh darah yang menuju OTAK maka menyebabkan “Stroke” dan bila terjadi ke saluran menuju jantung maka menyebabkan Serangan Jantung”.

Hasil penelitian membuktikan bahwa “PUASA” dapat meningkatkan Kolestrol Darah HDL ( High Density Lipoprotein ) yaitu jenis cholesterol  yang baik sebanyak 25 points,  dan mengurangi Trigliserol 20 points   Trigliserol adalah bahan pembuat cholesterol LDL ( Low Density Lipoprotein )  jenis Cholesterol yang tidak baik.

Puasa bisa membersihkan racun racun dari dalam tubuh, menghambat makanan hingga banyak virus yang mati karena makanan terhambat oleh puasa selama 12 jam sepanjang 1 bulan.Puasa juga bisa meningkatkan “White Blood Cell” for untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Puasa rutin memberikan banyak manfaat bagi fisik dan jiwa. Diakui  beberapa  ahli dari Barat yang non-muslim, seperti ; Allan Cott M.D (Amerika), Dr. Yuri Nikolayev (Rusia) dan Alvenia M. Fulton (Amerika). Allan Cott M.D yg telah membuat buku hikmah dari puasa yang berjudul Why Fast?

Rasulullah SAW  bersabda: “Telah datang kepadamu Ramadan bulan yang penuh berkah, Allah SWT mewajibkan kepadamu puasa pada bulan itu, dibuka pintu-pintu langit untuk istighfar,ditutup pintu-pintu neraka, syetan-syetan dibelenggu agar tidak menggoda, pada bulan Ramadan ada satu malam yang lebih mulia dari 1000 bulan yakni Lailatul qadar. Barang siapa lalai tidak menyambut kehadiran bulan ini maka sungguh pasti ia akan merugi

(H.R. Ahmad An-nasa’i dan Ali Baehaqi)”.

Puasa yang dilakukan secara rutin dapat memberikan banyak manfaat bagi fisik/lahiriah maupun jiwa/bathiniah. Hal ini juga diakui oleh beberapa orang ahli dari Barat yang non-muslim, seperti Allan Cott M.D (Amerika), Dr. Yuri Nikolayev (Rusia) dan Alvenia M. Fulton (Amerika). Allan Cott M.D bahkan telah membukukan beberapa hikmah dari puasa ke dalam sebuah buku yang berjudul Why Fast?

Berikut adalah beberapa hikmah dari puasa yang diambil dari buku Why Fast? :

1. To feel better physically and mentally (merasa lebih baik secara fisik dan mental)

2. To look and fell younger (supaya terlihat dan merasa lebih muda)

3. To clean out the body (membersihkan badan)

4. To lower blood pressure and cholesterol levels (menurunkan tekanan darah dan kadar lemak)

5. To get more out of sex (lebih mampu mengendalikan sex)

6. To let the body health itself (membuat tubuh sehat dengan sendirinya)

7. To relieve tension (mengendorkan/melapaskan ketegangan jiwa)

8. To sharp the senses (menajamkan fungsi indrawi)

9. To gain control of oneself (memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri)

10. To slow the aging process (memperlambat proses penuaan)

Sementara itu, Dr. Yuri Nikolayev berpendapat bahwa kemampuan puasa yang bisa membuat seseorang menjadi awet muda adalah sebagai suatu penemuan terbesar abad ini. Beliau mengatakan:

“What do you think is the most important discovery in our time? The radioactive watches? Exocet bombs? In my opinion the bigest discovery of our time is the ability to make onself younger phisically, mentally and spiritually through rational fasting.”

(Menurut pendapat Anda, apakah penemuan terpenting pada abad ini? Jam radioaktif? Bom exoset? Menurut pendapat saya, penemuan terbesar dalam abad ini ialah kemampuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual, melalui puasa yang rasional).

Alvenia M. Fulton, Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fultonia” di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik perempuan secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat.

Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh (fasting is the ladies best beautifier, it brings grace charm and poice, it normalizes female functions and reshapes the body contour).

Ketiga orang ahli tersebut yang notabene adalah non-muslim bahkan mengakui kehebatan dari puasa. Mengapa kita yang muslim justru terkadang melalaikannya? Padahal jelas sekali Rasulullah telah bersabda seperti di atas tersebut.

Tentang Muhammad Taufik Hidayat

I am Islamic motivator and book writer
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s