KEGAGALAN ADALAH SEBUAH ILMU

Hampir semua orang yang success pernah mengalami sebuah kegagalan, tapi dari kegagalan kegagalan yang pernah dihadapinya mereka menemukan jalan keluar setelah melakukan evaluasi tentang root causes nya ( akar permasalahanya secara detail ). Kemudian mereka mengevaluasi, menganalisa kenapa hal hal tersebut bisa menyebabkan kegagalan dalam usaha atau pekerjaanya.

Renald  Khasali mengatakan bahwa : Para pebisnis pemula yang mengalami kegagalan dikarenakan mereka tidak merencanakan segala sesuatunya secara detail, sehingg ketika mereka menjumpai permasalahan yang tidak pernah mereka perkiraan mereka tidak tahu harus berbuat apa !

Memang banyak para pebisnis pemula yang selalu membayangkan keuntungan keuntungan yang akan diperoleh di atas kertas mereka sudah memprdiksikan keuntungan yang diperoleh setiap bulanya dan memang semua itu bisa terjadi kalau semua berjalan sesuai dengan rencana. Tapi kebanyakan apa yang telah direncanakan biasanya banyak menemui kendala di lapanganya dan kebanyakan dari mereka sama sekali tidak memprediksikanya.

Bagi mereka yang pandai menyikapi maka kegagalan yang mereka alami dijadikan pengalaman dan pelajaran yang berharga untuk melangkah selanjutnya. Tetapi bagi mereka yang tidak pandai dalam menyikapi maka akan menjadikan mereka trauma dan takut untuk memulai lagi karena selalu terbayang akan kegagalan dan kerugian materi yanh pernah dialaminya. Apabila hal ini selalu terpikirkan dan membuat mereka berhenti beraktifitas dan tidak berbuat apa apa karena trauma akan kegagalan yang pernah dialaminya maka orang tersebut termauk orang gagal.

Bagi mereka yang bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari kegagalan kegagalan yang pernah dialami dan tetep terus optimis bahwa suatu saat bisa berhasil maka dia sedang dalam proses menuju kesuksesan, walaupun masih sering gagal tetapi tetap semangat dan terus berusaha.

Ada pepatah yang mengatakan :

Berakit rakit ke hulu

Berenang renang ke tepian

Bersakit sakit dahulu

Bersenang senang kemudian

Atau yang lebih terkenal dan jauh lebih singkat adalah : ” No Pain No Gain”

Thomas Alfa Edison mengatakan bahwa : Dia pernah mengalami kegagalan ribuan kali tetapi dia tidak mengatakan bahwa itu merupakan kegagalan kegagalan, dia selalu mengatakan bahwa dia mengetahui tentang ribuan hal hal yang membuat seseorang akan mengalami kegagalan.

Albert Einstein pernah semua hasil karyanya yang di tulis selama bertahun tahun terbakar oleh api penerangan yang dikarenakan ditebrak oleh seekor kucing, dan dia tidak marah ataupun stress dan hanya mengatakan:” dasar kucing ” dan dia mulai lagi mengulangi hasil karyanya  yang telah terbakar. Kalau dibandingkan sekarang seorang mahasiswa yang sedang menulis skripsi selama beberapa bulan dan tiba tiba datanya hilang karena viru di komputer maka sang mahasiswa akan teriak teriak dan mungkin menjadi stressed.

Dalam QS. Al-Insyiraa 94:5-8 :

94:5. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

94:6. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

94:7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,

94:8. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

M. Taufik Hidayat

Trainer & Motivator

Phone : ( 0274 ) 436 3335     Mobile : 081 227 64573

Blog  : https://mtaufikhz.wordpress.com

 

Tentang Muhammad Taufik Hidayat

I am Islamic motivator and book writer
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s