THE END OF THE WORLD

Beberapa saat yang lalu dunia digemparkan oleh ramalan tentang akhir dunia/ kiamat ( End of the world ). Sudah berkali kali ramalan tentang kiamat diberitakan dan semuanya tidak pernah terjadi. Belum lama dunia juga diramalakan akan kiamat karena menurut kalender suku Maya penanggalan yang dibuat hanya sampai pada tanggal 21 Desmber 2012 dan berita ini membuat panik banyak orang di dunia.

156224_475

Dalam agama Islam dan juga nasrani dengan sangat jelas diterangkana bahwa tidak akan tahu kapan terjadi kiamat kecuali Allah, sebagaiman disebutkan dalam Al Qur’an dan juga Alkitab :

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.

( QS. Al A’raf 7:187 )

Ketika ada wawancara di salah satu TV swasta tentang kiamat ada yang menjawab ( orang nasrani ) bahwa dirinya tidak percaya terhadap ramalan kiamat pada tanggal 21 Desember 2012, dan kemudian dia mengatakan bahwa yang mengetahui kiamat hanya Tuhan Yesus. Mari kita buktikan bahwa Yesus sendiri juga sama sekali tidak mengetahui tentang hari kiamat karena dirinya hanyalah “PESURUH” yang diutus oleh Allah, dan hanya Allah yang tahu kepastian tentang hari kiamat.

Markus 13 : 32 & Matius 24 : 36

“Tetapi tentang hari kiyamat tidak seorangpun tahu, malaikat malaikat tidak tahu, dan akupun tidak tahu hanya Allah saja yang tahu”.

Kisah Para Rasul 13 : 23

Dan dari keturunannyalah, sesuai dengan yang telah dijanjikan-Nya, Allah telah membangkitkan Juru selamat bagi orang Israel, yaitu Yesus.

Yohanes 5:30 “aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diriku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab AKU TIDAK MENURUTI KEHENDAK-KU SENDIRI, melainkan kehendak DIA YANG MENGUTUS AKU”.

Lukas 10:16 “Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barang siapa menolak kamu, ia menolak Aku,; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak DIA YANG MENGUTUS AKU.”

Jelas sekali bahwa Yesus sama sekali tidak tahu menahu tentang kepastian hari kiamat kecuali hanya sebatas sedikit pengetahuan tanda tanda akan terjadinya hari kiamat, karena Yesus ( Isa Almasih ) hanyalah pesuruh Allah dan menyembah hanya kepada Allah. Berikut adalah ayat yang sering dipakai oleh orang nasrani bahwa Yesus mengetahui tentang kiamat tanpa menyertakan ayat sebelum dan sesudahnya.

QS. Az-Zukhruf  43 : 61 Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus.

Orang Islam yang masih awam dan yang tidak pernah membaca Al Qur’an akan bingung dan mempercayai pernyataan QS.Az-Zukhruf  43:61 secara sempit tanpa mau membaca ayat ayat sebelum dan sesudahnya, sehingga yang harus diikuti adalah ajaran Isa as atau Yesus Kristus. Padahal ayat ayatsebelum dan sesudahnya adalah sebagai berikut :

QS. Az-Zukhruf 43 : 59 – 64

59. Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan kepadanya nikmat (kenabian) dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani Israel.

60. Dan kalau Kami kehendaki benar-benar Kami jadikan sebagai gantimu di muka bumi malaikat-malaikat yang turun temurun.

61. Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus.

62. Dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh setan; sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.

63. Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata: “Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada) ku”.

64. Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu, maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus.

 

Allah swt memberikan pengetahuan tentang tanda tanda kiamat akan tiba kepada nabi Muhammad saw sebagaimana sabdanya :

“Hari kiamat itu tidak akan datang kepada kita sampai daratan Arab itu sekali lagi akan menjadi padang rumput dan dipenuhi dengan sungai” (HR. Muslim)

Bukti ilmiah yang dinyatakan oleh para ilmuwan :

Gunung es bergerak sangat perlahan, dari kutub Utara menuju ke selatan. Pada kenyataannya, es di kutub sekarang mendekati Jazirah Arab secara perlahan. Kita dapat melihat tanda tanda ini dari badai salju yang menyerang bagian utara Eropa dan Amerika setiap musim dingin. Para ilmuwan telah melihat tanda-tanda lain dan informasi yang menunjukkan dimulainya zaman es. Inilah fakta ilmiah”

Gunung es yang terapung di kutub utara secara perlahan bergerak menuju ke selatan. Ketika gunung es kutub itu secara relatif mendekat ke Jazirah Arab, cuaca akan berubah dan negara Arab akan menjadi satu dari daerah yang paling hijau dan paling basah di dunia, hal ini adalah fakta ilmiah.”

Sabda nabi Muhammad saw yang lainnya tentang kiamat :

Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghiffari ra,: “Rasulullah saw menengok kami ketika sedang berbincang-bincang & bertanya: “Apa yang sedang kalian bicarakan ?” Jawab sahabat “Kami berbincang-bincang mengenai hari kiamat.” Sabda beliau : “Kiamat tidak akan terjadi sebelum terlihat 10 tanda. 1.Ad-Dukhan (Asap) 2.Dajjal 3. Dabbah, 4.Matahari terbit di barat, 5.Isa anak Maryam turun. 6.Ya’jud dan Ma’ju. 7.Gerhana di Timur 8.Gerhana di barat. 9.Gerhana di Jazirah arab. 10 Api menyala di Yaman menghalau ummat manusia ke mahsyar (tempat berkumpul).(Shahih Muslim)

kiamat1-300x225

  KETERANGAN
10  tanda-tanda qiamat yang disebutkan Rasulullah saw. dalam hadis ini adalah tanda-tanda qiamat yang besar-besar, akan terjadi di saat hampir tibanya hari qiamat. 10  tanda itu ialah:

1.Dukhan (asap) yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit  di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.

2.Dajjal  – membawa fitnah besar yang akan merusak keimanan, hingga akan banyak orang yang akan terpedaya dengan seruannya.

3.Dabbah-Binatang besar yang keluar berhampiran Bukit Shafa di Mekah yang akan bercakap bahwa manusia tidak beriman lagi kepada Allah swt.

4.Matahari akan terbit dari barat. Maka pada saat itu Allah swt. tidak lagi menerima iman orang kafir dan tidak menerima taubat orang yang berdosa.

5.Turunnya Nabi Isa as ke bumi.

Beliau akan mendukung pemerintahan Imam Mahadi yang berdaulat pada masa itu dan beliau akan mematahkan segala salib yang dibuat oleb orang-orang Kristian dan beliau juga yang akan membunuh Dajjal.

6.Keluarnya bangsa Ya’juj dan Ma’juj yang akan membuat kerusakan dipermukaan bumi ini, yaitu apabila mereka berjaya menghancurkan dinding yang dibuat dari besi bercampur tembaga yang telah didirikan oleh Zul Qarnain bersama dengan pembantu-pembantunya pada zaman dahulu.

7.Gempa bumi di Timur.  Bisa jadi ini mengacu kepada gempa di China, Tsunami di Aceh.

8.Gempa bumi di Barat. Bisa jadi ini akan terjadi di daerah Mexico, Argentina, Brazilia dan negara-negara Amerika Latin

9.Gempa bumi di Semenanjung Arab. Kemungkinan kasus longsor di Mesir sebagai pembukanya.

10.Api besar yang akan menghalau manusia menuju ke Padang Mahsyar. Api itu akan bermula dari arah negeri Yaman. (Apa ini bahaya Nuklir?)

Mengikut pendapat Imam Ibnu Hajar al-Asqalani di dalam kitab Fathul Bari beliau mengatakan: “Apa yang dapat dirajihkan (pendapat yang terpilih) dari himpunan hadis-hadis Rasulullah Saw. bahawa keluarnya Dajal adalah yang mendahului segala petanda-petanda besar yang mengakibatkan perubahan besar yang berlaku dipermukaan bumi ini. Keadaan itu akan disudahi dengan kematian Nabi Isa alaihissalam (setelah beliau turun dari langit).

Kemudian terbitnya matahari dari tempat tenggelamnya adalah permulaan tanda-tanda qiamat yang besar yang akan merusakkan sistem alam cakrawala yang mana kejadian ini akan disudahi dengan terjadinya peristiwa qiamat yang dahsyat itu. Barangkali keluarnya binatang yang disebutkan itu adalah terjadi di hari yang matahari pada waktu itu terbit dari tempat tenggelamnya”.

Saat akan tiba kiamat, jaman saling mendekat. Satu tahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu, seminggu seperti sehari, sehari seperti satu jam dan satu jam seperti menyalakan kayu dengan api. (HR. Tirmidzi)

Jika kiamat tiba rotasi bumi makin cepat, bumi makin dekat dengan matahari. Kalau rotasi bumi 1000 mil /jam, maka dapat diperkirakan pada hari kiamat tujuh kali atau dua belas kali bahkan lebih.

Demi yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya. Tiada tiba kiamat melainkan telah merata dan merajalela dengan terang-terangan segala perbuatan mesum dan keji, pemutusan hubungan kekeluargaan, beretika (berakhlak) buruk dengan tetangga, orang yang jujur (amanat) dituduh berkhianat, dan orang yang khianat diberi amanat (dipercaya). (HR. Al Hakim)

Amal seseorang tidak dapat menyelamatkannya. Seorang sahabat lantas bertanya tentang sabda tersebut, “Termasuk engkau juga, ya Rasulullah?” Rasulullah lalu menjawab, “Ya, aku juga, kecuali dikarunia Allah dengan rahmat-Nya. Walaupun demikian kamu harus berbuat yang benar (baik).”(HR. Bukhari dan Muslim)

Jabir bin Abdullah ra, mendengar Nabi saw bersabda: “Akan senantiasa ada hingga hari kiamat, segolongan ummatku yang berjuang menegakkan kebenaran dan mereka pasti menang.” Kata Nabi saw selanjutnya, “Sementara itu Nabi ‘Isa as akan turun ke tengah-tengah ummat. Lalu pemimpin-pemimpin mereka berkata kepadanya: Sudilah anda sholat dan menjadi pemimpin kami”. Jawab Nabi ‘Isa as, “Tidak, masing-masing kamu boleh menjadi pemimpin bagi yang lain, selaku suatu kehormatan yang dilimpahkan Allah kepada ummat ini”.(Shahih Muslim)

PENJELASAN DARI SISI ILMIAH :

Belum akan tiba kiamat melainkan matahari akan terbit dari Barat. Jika terbit dari Barat maka seluruh umat manusia akan beriman. Pada saat itu tidak bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Badan antariksawan Amerika NASA telah membuat pernyataan resmi tentang Matahari suatu saat akan terbit dari barat.

NASA

Semoga sekilas penjelasan tentang hari kiamat / akhir dunia / end of the world mampu menambah iman kita akan kekuasaan Allah swt yang tidak terbatas dan disebutkan di semua kitab suci yaitu : Kitab Taurat, Kitab Zabur, Kitab Injil, dan Kitab Suci Al Qur’an.

  • Muhammad Taufik Hidayat
  • Book Writer and Motivator
  • Residence :
  • Nganti RT/RW 1/7  No. 45B Sendangadi, Mlati – Sleman, Yogyakarta
  • Mobile Phone : 081 227 64573     Home Phone : (0274) 436 2225
  • E-mail : mtaufikhz@gmail.com
  • Blog    : http://mtaufiqh.blogspot.com          ( English Version )
  •               https://mtaufikhz.wordpress.com      (Indonesian Version )

 

Tentang Muhammad Taufik Hidayat

I am Islamic motivator and book writer
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s