SIKAP SANGAT MENENTUKAN KEBERHASILAN KITA

BAGAIMANA SEHARUSNYA BERSIKAP ?

Kita tidak bisa merubah masa lalu, tetapi kita bisa menghancurkan masa depan kita, dengan cara mensia siakan waktu, selalu berpikran negative, iri, dengki, malas, manja, takut gagal, alergi terhadap kritik, selalu memberikan masukan negative pada orang lain, tidak mau memulai, dan selalu bergaul dengan orang orang yang reaktive.

MAN

Ada sebuah istilah dalam motivasi yaitu “IDIOT”, secara umum artinya adalah orang yang mempunyai keterbatasan mental, tetapi dalam bahasa motivasi artinya adalah :

“Orang yang belum pernah mencapai keberhasilan dan juga belum pernah mengalami kegagalan dikarenakan orang tersebut belum pernah mencoba tetapi selalu memberikan masukan yang negative kepada orang lain”

Ada juga istilah “GENIUS” dalam motivasi, secara umum Genius adalah orang yang mempunyai level IQ ( Intelligence Quotient ) yang tinggi, tetapi dalam bahasa motivasi genius adalah :

” Orang yang 99,999 %  mampu menggunakan waktu dengan bijak dan baik serta kemauan yang keras untuk berubah”

 

“NO PAIN NO GAIN” – Kalau kita ingin memperoleh sesuatu yang baik, yang enak maka kita harus bersaki sakit terlebih dahulu, dan juga

Man Jadda Wa jada – Apabila bersungguh sungguh dalam sesuatu hal maka kita akan berhasil.

Kita sangat sering mendengarkan kalimat kalimat tersebut tetapi kita kadang sulit atau bahkan malas untuk menerapkan dalam kehidupan sehari hari kita. Kita perhatikan gambar gambar berikut :

MT

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fighting spirit4

Invalid Female

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana pendapat kita setelah melihat gambar gambar tersebut di atas ? Apakah kita kalah terhadap semangat seorang kakek dan juga semangat seorang wanita yang tidak mempunyai tangan tetapi mampu menjadi seorang mekanik pesawat kecil ?

Soichiro Honda Mengatakan bahwa :

Kesuksesan yang saya peroleh pada hari ini diawali dari 99 kegagalan yang saya alami. Perubahan dimulai dari hal hal yang kecil tetapi kontinyu, dan juga diawali dengan kejujuran.

Soichiro Honda mempunyai fisik yang lemah, tidak tampan, dari keluarga miskin, gagal menjadi Insinyur, namun kerajaan bisnis Honda lahir berkat usaha yang pantang menyerah. Siapa yang tidak mengenal Honda ? yang mungkin produksi motor atau mobilnya kita pakai setiap hari ?

Kita perhatikan lagi gambar gambar berikut ini :

Banjir

 

 

 

 

 

 

No Pain

Mampukah kita hidup dalam situasi dan kondisi seperti dalam gambar gambar  ? Tetapi dari tempat tempat dan kondisi seperti itu banyak  bermunculan orang orang yang “SUCCESS” secara materi dan juga success secara spiritual sehingga keberhasilan yang dirasakan tidak hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga dirasakan oleh keluarga, family, dan juga orang lain di sekitarnya.

SUCCESS PERLU PEMAKSAAN

”Jangan memaksakan pada hal hal yang tidak bisa dan tidak layak untuk dipaksakan, tetapi paksakan pada hal hal yang layak dan bisa untuk dipaksa” 

Memaksakan untuk mengurangi kegiatan kegiatan yang negative, memaksakan untuk bangun pagi, memaksakan untuk selalu menghargai waktu adalah sebagian contoh hal hal yang layak dan bisa untuk dipaksakan. Hal yang tidak wajar dan tidak bisa dipaksakan contohnya adalah; kita hanya mampu mengangkat beban secara manual maksimal 60 kilo kemudian dipaksa mengangkat beban 250 kilo maka hal tersebut adalah tidak wajar.

SIKAP MENTAL

 “Jika kita bersikap LUNAK  pada diri kita maka hidup akan KERAS.
Tetapi jika kita bersikap KERAS pada diri kita maka hidup akan LUNAK ” 

 

HASIL  SIKAP LUNAK 

Lunak

 

HASIL DARI SIKAP KERAS

keras

Mana yang akan kita pilih ? bersikap lunak kepada diri sendiri atau bersikap keras kepada diri sendiri ? Kalau kita menerapkan “NO PAIN NO GAIN” dan Man jadda wa jada” maka kita harus menerapkan sikap keras kepada diri kita sendiri dan kita akan memanen hasilnya dalam waktu kurang lebih 5 – 15 tahun !

Muhammad Taufik Hidayat

 

 

 

Tentang Muhammad Taufik Hidayat

I am Islamic motivator and book writer
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s